LAPORAN PRAKTIKUM PERSAMAAN LENSMAKER

PERSAMAN LENSMAKER

(Laporan Praktikum Optika)

Oleh

Kelompok I

LABORATORIUM EKSPERIMEN FISIKA

JURUSAN FISIKA

FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM

UNIVERSITAS LAMPUNG

2016

ABSTRAK

 

Telah dilakukan praktikum percobaan tentang Persamaan Lensmaker. Praktikum percobaan ini bertujuan untuk menentukan panjang fokus lensa cekung dengan menggunakan dua cara yaitu dengan pengukuran langsung dan mengukur dengan menggunakan jari-jari kelengkungan. Alat dan bahan yang digunakan dalam percobaan ini antara lain sumber cahaya, lensa cekung, lensa cembung dan penggaris. Berdasarkan percobaan yang telah dilakukan, pada pengukuran langsung yaitu pengukuran menggunakan sinar-sinar yang dibiaskan pada lensa cekung diperoleh besar titik fokus dari lensa cembung. Pada praktikum ini dilakukan dua kali percobaan, yaitu dengan menggunakan lensa yang berukuran besar dan lensa yang berukuran lebih kecil. Untuk percobaan dengan menggunakan lensa kecil diperoleh hasil ½R sebesar 8,4 cm, fokur pada percobaan sebesar 16,8 cm dan dengan menggunakan persamaan lensmaker diperoleh panjang fokus sebesar 16,8 serta hasil % error yang diperoleh 0% sehingga dalam percobaan ini dapat dikatakan berhasil. Sedangkan untuk percobaan kedua dengan menggunakan lensa besar diperoleh hasil ½R sebesar 11 cm, panjang fokus dalam percobaan sebesar 22,8 cm dan dengan menggunakan persamaan lensmaker diperoleh panjang fokus sebesar 22 serta hasil % error yang diperoleh 3,509% sehingga dalam percobaan ini dapat dikatakan berhasil karena nilai dari %error tidak melebihi 10%. Pada percobaan ini juga besarnya nilai R1=R2 hanya saja R1 bernilai (-) karena titik fokus berada didepan lensa sedangkan R2 bernilai (+) karena titik fokus berada dibelang lensa.

 

PENDAHULUAN

Latar Belakang

Lensa adalah suatu medium transparan yang dibatasi oleh dua permukaan melengkung yang merupakan garis sferis, meskipun satu dari permukaan lensa itu dapat merupakan bidang datar, karena itu suatu gelombang datang mengalami dua pembiasan ketika melewati lensa tersebut. Lensa terbagi menjadi dua jenis, yaitu lensa cembung (+) dan lensa cekung (-). Hasil bayangan akibat pembiasan kedua jenis lensa ini berbeda, ada yang diperkecil, ada yang diperbesar, serta ada pula yang terbalik atau tegak. Bayangan tersebut ada yang bersifat maya atau tidak tertangkap layar dan ada pula yang nyata atau tertangkap layar. Adanya biasan cahaya bayangan bisa terlihat atau nampak. Untuk mengetahui penentuan fokus lensa baik pada lensa cembung (+) maupun lensa cekung (-). Penentuan jarak fokus lensa cembung dengan menentukan terlebih dahulu letak fokus lensa, kemudian meletakkan benda dengan jarak tertentu dengan fokus lensa dan mengamati pula bayangan yang terbentuk. Pada lensa cekung dengan menyusun alat-alat pada landasan optis kemudian mengamati dan mencatat bayangan yang terbentuk dengan jelas.Kita tidak dapat memusatkan cahaya dengan cermin datar, karena cahaya yang dipantulkan oleh cermin akan menyebar, seolah-olah datang dari suatu bayangan maya didalam cermin. Untuk mempelajari lebih dalam tentang penentuan titik fokus pada lensa cekung maka dilakukanlah percobaan ini.

Tujuan Percobaan

Tujuan dari percobaan ini yaitu menentukan panjang fokus lensa cekung dengan dua cara yaitu:

  1. Dengan pengukuran langsung menggunakan ray-tracing.
  2. Dengan mengukur jari-jari kelengkungan dan persamaan lensmaker.


Demikianlah sedikit tentang Laporan Praktikum Persamaan Lensmaker. untuk laporan lebih lengkap silahkan download disini. semoga bermanfaat… 🙂

One Response to LAPORAN PRAKTIKUM PERSAMAAN LENSMAKER

Tinggalkan Balasan