Monthly Archives: Juni 2017

SPEKTROFOTOMETRI UV-Vis DAN HUKUM LAMBERT

Spektrofotometri UV-Vis

Spektrofotometri Sinar Tampak (UV-Vis) adalah pengukuran energi cahaya oleh suatu sistem kimia pada panjang gelombang tertentu. Sinar ultraviolet (UV) mempunyai panjang gelombang antara 200-400 nm dan sinar tampak (visible) mempunyai panjang gelombang 400-750 nm. Pengukuran spektrofotometri menggunakan alat spektrofotometer yang melibatkan energi elektronik yang cukup besar pada molekul yang dianalisis, sehingga spektrofotometer UV-Vis lebih banyak dipakai untuk analisis kuantitatif dibandingkan kualitatif. Spektrum UV-Vis sangat berguna untuk pengukuran secara kuantitatif. Konsentrasi dari analit di dalam larutan bisa ditentukan dengan mengukur absorban pada panjang gelombang tertentu dengan menggunakan hukum Lambert-Beer.

Continue reading

SEJARAH SINAR KATODA DAN SIFAT-SIFAT SINAR KATODA

Sejarah Sinar Katoda

Pada tahun 1857 Heinrich Geissler mengumumkan keberhasilannya dalam membuat ruang hampa udara bertekanan sangat rendah. Para ilmuwan menyambut hangat penemuan Geissler. Penemuan Geissler selanjutnya digunakan oleh Julius Plocker untuk melakukan percobaan. Sebuah tabung berisi gas diberi elektroda positif (anoda) dan elektroda negatif (katoda) pada ujung-ujungnya. Jika elektroda-elektroda dihubungkan dengan sumber tegangan tinggi molekul-molekul gas akan terionisasi menjadi muatan positif dan muatan negatif. Peristiwa ini sering dinamakan pelucutan gas (discharge). Adapun instrumen yang digunakan sering disebut tabung lucutan.

Continue reading

SPEKTRUM ABSROPSI, SPEKTRUM EMISI, DAN SPEKTRUM ATOMIK

Spektrum Absorpsi

Elektron dari elemen yang berada dalam keadaan dasar dapat menyerap peristiwa energi untuk mencapai keadaan energi yang lebih tinggi. Frekuensi cahaya yang ditransmisikan melalui zat ini, dengan garis-garis gelap menunjukkan cahaya yang diserap, merupakan substansi spektrum penyerapan. Spektrum penyerapan unsur diwakili oleh pita warna dengan garis-garis gelap yang terpisah antara mereka. Seluruh garis merupakan total cahaya yang difokuskan pada elemen. Garis gelap adalah bagian dari spektrum di mana elektron menyerap foton cahaya, maka, ada atau tidak adanya cahaya pada bagian-bagian ini. Sisa bagian berwarna dari spektrum tersebut merupakan bagian dari peristiwa cahaya yang belum diserap, dan karenanya, muncul warna panjang gelombang tertentu. Alasan untuk pola ini adalah bahwa, semua elektron dari atom berada pada tingkat energi yang berbeda pada waktu tertentu. Perbedaan energi antara dua tingkat energi setiap elektron berbeda.

Continue reading