Monthly Archives: Februari 2017

BAGIAN-BAGIAN TELESKOP

Bagian-Bagian dari Teleskop

Teleskop mempunyai bagian-bagian, dan setiap bagian memiliki fungsi yang tersendri, yaitu sebagai berikur:
a. Tabung teleskop
Sistem optik pada teleskop ini terdiri dari beberapa bagian yaitu:
Tabung optik utama (VMC 200L)
Merupakan tempat terletaknya cermin utama dengan diameter 8 inci. Walaupun ada penutup tabung tetapi karena tidak ada kaca pelindung di bagian atas tabung maka cermin dapat terkontaminasi hal apa pun dengan sangat mudah, oleh karena itu tabung optik harus diperlakukan secara hati-hati. Sebagai pengaman ada penutup tabung teleskop. Pada bagian belakang tabung terdapat visual back untuk memasang flip mirror atau diagonal. Flip mirror dapat digunakan untuk dua situasi yaitu straight-thru viewing dimana eyepiece dipasang lurus terhadap tabung dan right-angled viewing dimana eyepiece dipasang dengan sudut 90° terhadap tabung. Kedua situasi ini dapat dilihat secara bergantian dengan cara memutar kenop di bagian samping flip mirror. Panjang fokus dapat diatur dengan menggunakan kenop pengatur fokus yang berada di bawah visual back.

Continue reading

PENGERTIAN TEGANGAN LISTRIK DAN MACAM-MACAM SUMBER TEGANGAN

PENGERTIAN TEGANGAN LISTRIK (VOLTAGE)

Tegangan listrik atau yang lebih dikenal sebagai beda potensial listrik adalah perbedaan potensial listrik antara dua titik dalam rangkaian listrik. Tegangan listrik merupakan ukuran beda potensial yang mampu membangkitkan medan listrik sehingga menyebabkan timbulnya arus listrik dalam sebuak konduktor listrik.
Berdasarkan ukuran perbedaan potensialnya, tegangan listrik memiliki empat tingkatan:

Tegangan ekstra rendah (extra low Voltage)

Tegangan rendah (low Voltage)

Tegangan tinggi (high Voltage)

Tegangan ekstra tinggi (extra high Voltage)

  Continue reading

OPTIKA GEOMETRI DAN OPTIKA FISIS

Optik artinya cahaya. Dalam kajian fisika mengenai cahaya, optik dibagi menjadi dua yaitu optik geometri dan optik fisis. Apa perbedaan keduanya? Optik geometri memandang cahaya merambat lurus. Sifat cahaya sebagai gelombang yang dipelajari dalam optik geometri adalah hukum pemantulan dan pembiasan. Sebaliknya, optik fisis memandang cahaya sebagai gelombang dengan sifatnya dalam mengalami interferensi, difraksi, dan polarisasi. 

OPTIKA GEOMETRI

Lensa adalah sebuah alat untuk mengumpulkan atau menyebarkan cahaya, biasanya dibentuk dari sepotong gelas yang dibentuk. Konstruksi lensa yang paling umum adalah lensa speris (spherical lens), yaitu lensa dengan bidang antarmuka yang melengkung speris (spherical curvature), yaitu kelengkungan bidang permukaan bola dengan radius speris (radius of curvature) tertentu. Notasi radius yang digunakan adalah R, akan bernilai positif saat antarmuka melengkung keluar menjauhi titik pusat lensa dan disebut antarmuka cembung (convex). Notasi negatif akan digunakan untuk antarmuka cekung (concave) yang melengkung ke dalam mendekati titik pusat lensa.

Continue reading

LAPORAN PRAKTIKUM INTEGRASI NUMERIK

INTEGRASI NUMERIK

( Laporan Praktikum Fisika komputasi )

Oleh:

Siti Fatkhul Ulum

1417041083 

LABORATORIUM PERMODELAN FISIKA

JURUSAN FISIKA

FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM

UNIVERSITAS LAMPUNG

2016

Continue reading

MENISKUS DAN KAPILARITAS

MENISKUS

Pengertian Meniskus

Pengertian meniskus adalah sifat kelengkungan zat cair pada sebuah tabung reaksi. Jadi zat cair tersebut dimasukan ke dalam tabung reaksi maka akan terbentuk pada bagian atas permukaannya apakah cekung ataukah cembung.

  1. Meniskus Cekung

Contoh meniskus cekung adalah apabila air berada di dalam tabung reaksi maka pada permukaannya akan berbentuk cekung. Air juga akan membasahi dinding kaca.
Peristiwa meniskus cekung ini terjadi apabila gaya kohesi lebih kecil daripada gaya adhesinya. Jadi gaya adhesinya yang lebih besar antara air dan kaca sehingga air tersebut membasahi dinding kaca.

Continue reading

IRREVERSIBILITAS TERMODINAMIKA DALAM SISTEM KUANTUM

IRREVERSIBILITAS TERMODINAMIKA DALAM SISTEM KUANTUM

Para ahli fisika, Tlago Batalho di Federal University ABC, Brazil dan rekan penulis telah menerbitkan makalah mereka pada demonstrasi eksperimental kuantum ireversibilitas termodinamika. Ireversibilitas adalah perubahan bentuk/struktur kimia yang searah dan tidak dapat kembali ke bentuk awal. Proses ireversibel ini seperti sebuah telur yang rusak, sulit atau tidak mungkin disatukan kembali. Tentunya hal ini sangat bertentangan dengan pada umumnya. Mengamati proses termodinamika dalam sistem kuantum sangat sulit dan belum dillakukan sampai sekarang, dalam percobaan mereka, para ilmuwan mengukur perubahan entropi yang terjadi ketika menerapkan medan magnet berosilasi karbon-13 atom dalam kloroform cair, dengan mengukur ensembel dari spin-02/01 partikel salah satu pengukuran ini dengan mengulangi pengukuran berkali-kali pada spin tunggal.

Continue reading

PENGERTIAN DAN MACAM-MACAM ALAT UKUR LISTRIK

PENGERTIAN ALAT UKUR LISTRIK

Alat ukur listrik merupakan sebuah alat bantu yang penting bagi engineer yang bekerja dengan instalasi listrik atau bekerja dibagian yang berhubungan dengan kelistrikan, baik di rumah, perkantoran atau gedung lain yang memiliki instalasi listrik. Alat ukur listrik membantu memastikan kapasitas listrik. Alat ukur masih termasuk bagian dari alat laboratorium dan pengertian alat ukur listrik secara harfiah adalah alat yang digunakan untuk mengukur arus listrik yang melalui instalasi listrik, mengetahui tegangan dan faktor lain agar sesuai dengan standar yang telah ditentukan. Dibutuhkan tingkat keakuratan dari alat ukur listrik karena akan mempengaruhi kinerja alat yang menggunakan arus listrik dari instalasi listrik yang tersedia. Alat ukur listrik yang baik akan memberikan hasil pengukuran yang akurat dan akan mempengaruhi kinerja seluruh alat dalam satu instalasi listrik tersebut. Peran penting alat ukur listrik sangat penting saat sebuah instalali listrik telah selesai dikerjakan dan akan segera digunakan, karena pengukuran perlu dilakukan untuk memastikan jumlah arus, tegangan dan ukuran lainnya sesuai dengan standar yang telah ditentukan. 

Continue reading