Monthly Archives: November 2016

PENGERTIAN MIKROSKOP DAN BAGIAN-BAGIAN MIKROSKOP

PENGERTIAN MIKROSKOP

Mikroskop adalah sebuah alat untuk melihat objek yang terlalu kecil untuk dilihat dengan mata telanjang. Kata mikroskopik berarti sangat kecil, tidak mudah dilihat dengan mata. Mikroskop ditemukan oleh Antony Van Leuwenhoek , dimana sebelumnya sudah ada Robert Hook dan Marcello Malphigi yang mengadakan penelitian melalui Lensa yang sederhana. Lalu Antony Vn Leuwenhoek mengembangkan lensa sederhana itu menjadi lebih kompleks agar dapat mengamati protozoa , bakteri dan berbagai makhluk kecil lainnya. Setelah itu pada sekitar tahun 1600 Hanz dan Z Jansen telah menemukan mikroskop yang dikenal dengan mikroskop ganda yang lebih baik daripada mikroskop yang dibuat oleh Antony Vaan Leuwenhoek. Mikroskop berasal dari dua buah kata yaitu mikro yang artinya adalah kecil dan dari kata scopium yang artinya adalahh pengelihatan . Mikroskop adalah suatu alat yang berada didalam laboratorium yang memberikan bayangan dari benda yang diperbesar hingga ukuran tertentu hingga dapat dilihat dengan mata.

Continue reading

SEJARAH PENEMUAN TELESKOP

Awal Mula Sejarah Penemuan Teleskop

Sejarah penemuan teleskop. juga biasa disebut dengan teropong. Teleskop merupakan sebuah instrumen atau alat yang dipergunakan untuk melakukan pembentukan terhadap pencitraan suatu benda yang sedang diamati. Termasuk juga melakukan pengumpulan terhadap radiasi elektromagnetik. Instrumen ini merupakan bagian terpenting dalam sebuah pengamatan dalam bidang astronomi.

Penemuan Teleskop

Pertama kalinya teleskop ditemukan oleh Hans Lipperhey di tahun 1608. Hans merupakan seorang pembuat lensa asal Belanda. la lantas menemukan bahwa dua jenis lensa yang disesuaikan jarak dan kelengkungannya. Jika digabungkan akan menjadi sebuah kombinasi yang berfungsi membuat obyek yang diamati dapat tampak menjadi lebih dekat. Sekalipun ada beberapa orang yang mengklaim sebagai penemu dan pencipta teleskop pertama. Namun sejarah teleskop tetap mencatat nama Galileo Galilei. Galileo Galilei turut menyumbangkan namanya dalam sejarah perkembangan teleskop di dunia. Awalnya di tahun 1609. Galileo berhasil membuat sebuah teleskop yang dinamainya perspicillum. Namun akhirnya istilah telescopium digunakan untuk teleskop ciptaannya itu. Umumnya Galileo adalah seorang penemu yang berhasil meraih penghargaan. karena menjadi orang pertama yang memanfaatkan teleskop untuk bidang astronomi.

Continue reading

SEJARAH LASER, PENGERTIAN LASER, DAN MANFAAT LASER

Sejarah Laser

Semenjak ditemukannya MASER (Microwave Amplification by Stimulated Emission of Radiation) oleh Charles H. Townes, MASER merupakan cikal bakal ditemukannya LASER (Light Amplification by Stimulated Emission of Radiation). Laser merupakan pengembangan dari Maser yang dikembangkan oleh Theodore Maiman pada tahun 1960 (yang pada saat itu mengunakan kristal rubi untuk menghasilkan cahaya laser) walaupun pada tahun 1917 Albert Einstein telah mempublikasikan teori dasar tentang laser. Laser merupakan gelombang elektromagnetik. Bagian spektrum radiasi elektromagnetik dapat ditunjukkan pada gambar 2.1 untuk wilayah yang dicakup dengan laser yang sudah ada saat ini. Panjang gelombang dari laser dimulai dari rentang spektrum far infrared jauh (λ = Universitas Sumatera Utara 1,000 μm) sampai pada bagian spektrum soft-X-ray (λ= 3nm)., 2004). Laser merupakan akronim dari Light Amplification by Stimulated Emission of Radiation. Laser yang sudah dikembangkan saat ini terdiri dari beberapa jenis. Berdasarkan sifat keluarannya, jenis laser dapat dibagi menjadi dua kategori yakni laser kontinyu dan laser pulsa. Laser kontinyu memancarkan cahaya yang tetap selama medium lasernya tereksitasi sementara itu laser pulsa memancarkan cahaya dalam bentuk pulsa pada interval waktu tertentu. (Silfvast, 2004).

Continue reading

LAPORAN PRAKTIKUM DINAMIKA SATU DIMENSI OBJEK PADA PEGAS

DINAMIKA SATU DIMENSI

( Laporan Praktikum Fisika Komputasi )

Oleh

Siti Fatkhul Ulum

1417041083

LABORATORIUM FISIKA KOMPUTASI

JURUSAN FISIKA

FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM

UNIVERSITAS LAMPUNG

2016

Continue reading

PENGERTIAN, PRINSIP KERJA, DAN JENIS-JENIS TERMOMETER

Pengertian Termometer

Termometer adalah alat yang digunakan untuk mengukur suhu atau alat yang digunakan untuk menyatakan derajat panas atau dingin suatu benda. Termometer memanfaatkan sifat termometrik dari suatu zat, yaitu perubahan dari sifat-sifat zat disebabkan perubahan suhu dari zat tersebut.

Adapun jenis zat cair yang digunakan pada termometer diantaranya seperti:

  1. Termometer raksa

Termometer yang biasanya digunakan saaat ini adalah termometer air raksa. Fungi dari air raksa sebagai penunjuk suhu suatu benda yang diukur, berikut ini beberapa keunggulan dari air raksa diantaranya seperti:

Continue reading

ALAT OPTIK KAMERA

Sejarah Kamera

Pada tahun 1826, seorang penemu kamera dari Perancis Joseph Niepce berhasil membuat kamera nyata yang pertama. Kamera ini terdiri dari kotak kayu dengan sebuah lensa di depannya dan berhasil membuat gambar permanen pertama pada sebuat pelat logam. Orang yang difoto dengan kamera ini harus berpose selama 8 jam agar gambarnya dapat terekam pada pelat logam. Ilmuwan Perancis, Louis J. Mande Daguerre berhasil mengembangkan proses tersebut dan berhasil membuat kamera praktis yang pertama, dengan cukup berpose selama 30 menit agar gambarnya dapat terekam pada pelat tembaga. Pada tahun 1888, ilmuwan Amerika, George Eastman berhasil memproduksi kamera populer yang memiliki satu rol film yang dapat digunakan untuk mengambil 100 foto.
Continue reading

LAPORAN PRAKTIKUM PEMROGRAMAN MATLAB

PEMROGARAMAN MATLAB

( Laporan Praktikum Fisika Komputasi )

Oleh

Siti Fatkhul Ulum

1417041083

LABORATORIUM FISIKA KOMPUTASI

JURUSAN FISIKA

FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM

UNIVERSITAS LAMPUNG

2016

Continue reading

CAHAYA, HUKUM SNELLIUS, DAN INDEKS BIAS

CAHAYA

Cahaya merupakan salah satu bentuk energi yang dipancarkan oleh benda atau sumber cahaya dalam bentuk gelombang eletromagnetik. Gelombang elektromagnetik dapat merambat di dalam ruang hampa udara (vakum). Menurut James Maxwell (1831-1897), cahaya adalah gelombang elektromagnetik, sehingga cepat rambat cahaya sama dengan cepat rambat gelombang elektromagnetik, yaitu 3.10¬8 m/s. Berdasarkan jenisnya, cahaya dibedakan menjadi cahaya yang tampak dan cahaya yang tidak tampak. Cahaya tampak adalah cahaya yang jika mengenai benda maka benda tersebut akan dapat dilihat oleh manusia, contoh cahaya matahari. Cahaya tak tampak adalah cahaya yang bila mengenai benda tidak akan tampak lebih terang atau masih sama sebelum terkena cahaya. Contoh cahaya tak tampak adalah sinar inframerah dan sinar x. Cahaya tampak dibagi menjadi 2 yaitu monokromatik dan polikromatik. Monokromatik adalah satu cahaya yang terdiri dari satu warna, contohnya merah. Sedangkan polikromatik adalah satu cahaya yang terdiri dari beberapa warna, contohnya ungu, merupakan kombinasi antara merah dan biru. Kita memerlukan cahaya untuk dapat melihat. Benda-benda yang ada di sekitar kita dapat kita lihat apabila ada cahaya yang mengenai benda tersebut, dan cahaya yang mengenai benda tersebut dipantulkan oleh benda ke mata. Walaupun benda terkena cahaya, jika pantulannya terhalang dari mata kita, kita tidak dapat melihat benda tersebut, misalnya suatu benda yang berada di balik tirai atau tembok.

Continue reading

LAPORAN PRAKTIKUM LENSA CEKUNG DAN LENSA CEMBUNG

LENSA CEKUNG DAN LENSA CEMBUNG

 (Laporan Praktikum Optika)

  

Oleh

Kelompok I

 

LABORATORIUM EKSPERIMEN FISIKA

JURUSAN FISIKA

FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM

UNIVERSITAS LAMPUNG

2016

Continue reading

PENGERTIAN MIKROSKOP DAN BAGIAN-BAGIAN MIKROSKOP

PENGERTIAN MIKROSKOP

Mikroskop adalah alat bantu yang digunakan untuk melihat dan mengamati benda-benda yang berukuran sangat kecil yang tidak mampu dilihat dengan mata telanjang. Kata Mikroskop berasal dari bahasa latin, yaitu “mikro” yang berarti kecil dan kata “scopein” yang berarti melihat. Benda kecil dilihat dengan cara memperbesar ukuran bayangan benda tersebut hinga berkali-kali lipat. Bayangan benda dapat dibesarkan 40 kali, 100 kali, 400 kali, bahkan 1000 kali, dan perbesaran yang mampu dijangkau semakin meningkat seiring dengan perkembangan teknologi . Ilmu yang mempelajari objek-objek berukuran sangat kecil dengan menggunakan mikroskop disebut Mikroskopi. Mikroskop ditemukan oleh Anthony Van Leewenhoek, penemuan ini sangat membantu peneliti dan ilmuan untuk mengamati objek mikroskopis, dimana sebelumnya sudah ada Robert Hook dan Marcello Malphigi yang mengadakan penelitian melalui Lensa yang sederhana. Lalu Antony Van Leuwenhoek mengembangkan lensa sederhana itu menjadi lebih kompleks agar dapat mengamati protozoa , bakteri dan berbagai makhluk kecil lainnya. Setelah itu pada sekitar tahun 1600 Hanz dan Z Jansen telah menemukan mikroskop yang dikenal dengan mikroskop ganda yang lebih baik daripada mikroskop yang dibuat oleh Antony Vaan Leuwenhoek. Mikroskop adalah suatu alat yang berada didalam laboratorium yang memberikan bayangan dari benda yang diperbesar hingga ukuran tertentu hingga dapat dilihat dengan mata.

Continue reading