Monthly Archives: September 2016

PENGERTIAN, JENIS-JENIS, DAN CONTOH ENERGI POTENSIAL

Energi Potensial

Energi potensial adalah energi yang dimiliki suatu benda akibat adanya pengaruh tempat atau kedudukan dari benda tersebut. Energi potensial disebut juga dengan energi diam karena benda yang dalam keaadaan diam dapat memiliki energi. Jika benda tersebut bergerak, maka benda itu mengalami perubahan energi potensial menjadi energi gerak. Contoh misalnya seperti buah kelapa yang siap jatuh dari pohonnya, cicak di plafon rumah, dan lain sebagainya. Bagaimana jika  bola disimpan di atas mobil yang sedang diangkut oleh  mobil derek? Jika bola tidak bergerak, adakah  energi yang terkait dengan energi kinetik? Jawabannya adalah ya. Bola  yang sedang diam memiliki energi yang terkait dengan gerakan mobil yang secara fundamental berbeda dari energi kinetik benda bergerak. Bentuk energi yang dihasilkan karena ada potensi  bola  untuk melakukan usaha. Jika dilepaskan, itu pasti akan melakukan kerusakan mobil di bawahnya. Jenis energi yang dimungkinkan sesuatu untuk melakukan usaha dalam keadaan tertentu, sehingga disebut energi potensial.

Continue reading

ENERGI KINETIK DAN CONTOH PENERAPANNYA

Pengertian Energi Kinetik

Pengertian energi kinetik adalah energi yang dimiliki oleh suatu benda karena gerakannya. Energi ini sangat dipengaruhi oleh dua hal yaitu massa benda dan kecepatannya. Energi ini sangat berkaitan dengan kehidupan sehari-hari manusia sehingga jika kita mencari contohnya sangat banyak di sekitar kita. Istilah energi kinetik berasal dari kata Yunani, yaitu kinesis (gerak) dan energeia (aktif bekerja). Secara umum berarti, “Melalui gerak melakukan pekerjaan aktif.” Lebih sederhana, setiap hal, suatu benda, objek, dll. yang memiliki massa dan bergerak akan memiliki beberapa jenis energi kinetik. Misalnya, energi panas ada karena pergerakan atom atau molekul, sehingga energi panas adalah variasi dari energi kinetik. Energi kinetik sebuah benda memiliki definisi sebagai usaha yang diperlukan untuk menggerakkan sebuah benda dengan massa tertentu dari keadaan diam hingga mencapai kecepatan tertentu. Energi kinetik benda sama dengan jumlah usaha yang diperlukan untuk menyatakan kecepatan dan rotasinya, dimulai dari keadaan diam.

Continue reading

KARAKTERISTIK BAHAN KERAMIK

KERAMIK

Keramik berasal dari bahasa yunani yaitu “ceramos”(pembuat barang tembikar tanah liat) dan bahasa inggris “ceramic” adalah material anorganik dan non-metal. Umumnya keramik adalah senyawa antara logam dan non logam. Keramik sudah digunakan sekitar sebelum  4000 SM yang sudah digunakan sebagai busi isolator listrik dan kekuatan terhadap suhu tinggi yang dapat menghasilkan jenis keramik yang sangat berkualitas.

Keramik sendiri dapat dibedakan menjadi 2 yaitu:

  1. keramik tradisional yang biasanya terbuat dari tanah liat. Contoh: porselen, batu ubin, gelas, whiteware, sewer piper,  dll.
  2. keramik modern yang biasanya mempunyai ruang lingkup yang lebih luas dan mempunyai efek dramaris yang lebih bermanfaat untuk kehidupan manusia atau biasanya disebut keramik industri, keramik teknologi tinggi dan keramik halus. Contoh: pemakaian pada benda-benda elektronik,komputer, aerospace, heat changers, turbin, dll.

Continue reading

KARAKTERISTIK BAHAN LOGAM

LOGAM

Logam dalam bahasa yunani adalah metallon yang merupakan unsur kimia yang membentuk ion (kation) dan memiliki ikatan logam, atau mirip dengan kation pada awan elektron. Dalam tabel periodik dari boron (Bo) ke Polonium (Po) yang membedakan antara unsur logam dan logam. Unsur dalam garis ini adalah metaloid atau semi logam, unsur di kiri bawah adalah logam, untuk unsur kanan atas adalh non logam. Logam merupakan struktur raksasa dari atom-atom yang berikatan satu sama lain melalui ikatan logam. “Raksasa” menunjukkan jumlah yang sangat banyak tetapi jumlah atom yang terlibat sangat bervariasi – tergantung pada ukuran potongan logam. Logam juga di kenal karena konduktivitas termalnya dan listrik yang tinggi tidak tembus cahaya dan dan relatif berat. Logam berelektron valensi tidak terikat, namun dapat meninggalkan atom induknya.

Continue reading

MOMEN GAYA DAN MOMEN KOPEL

Momen Gaya

Momen gaya merupakan besaran yang dipengaruhi oleh gaya dan lengan. Besaran yang dapat menyebabkan benda berotasi itulah yang dinamakan momen gaya atau torsi. Benda dapat melakukan gerak rotasi karena adanya momen gaya. Momen gaya timbul akibat gaya yang bekerja pada benda tidak tepat pada pusat massa.

Momen gaya adalah perkalian silang antara gaya dengan lengan momen. Lengan momen didefinisikan sebagai panjang garis yang ditarik dari titik poros sampai memoton tegak lurus garis kerja gaya. Momen gaya yang searah gerak jarum jam diberi tanda positif, sedangkan momen gaya yang berlawanan arah gerak jarum jam diberi tanda negatif. Apabila pada sebuah benda bekerja beberapa buah gaya, maka resultan momen gayanya merupakan jumlah aljabar dari masing-masing momen gaya.

Continue reading

GERAK HARMONIK SEDERHANA

Getaran harmonik atau getaran selaras memiliki ciri frekuensi getaran yang tetap. Pernahkan kita mengamati apa yang terjadi ketika senar gitar dipetik lalu dilepaskan? kita akan melihat suatu gerak bolak-balik melewati lintasan yang sama. Gerakan seperti ini dinamakan gerak periodik. Contoh lain gerak periodik adalah gerakan bumi mengelilingi matahari (revolusi bumi), gerakan bulan mengelilingi bumi, gerakan benda yang tergantung pada sebuah pegas, dan gerakan sebuah bandul. Di antara gerak periodik ini ada gerakan yang dinamakan gerak harmonik.

Pengertian Getaran Harmonik

Gerak harmonik merupakan gerak sebuah benda dimana grafik posisi partikel sebagai fungsi waktu berupa sinus (dapat dinyatakan dalam bentuk sinus atau kosinus). Gerak semacam ini disebut gerak osilasi atau getaran harmonik. Contoh lain sistem yang melakukan getaran harmonik, antara lain, dawai pada alat musik, gelombang radio, arus listrik AC, dan denyut jantung. Galileo di duga telah mempergunakan denyut jantungnya untuk pengukuran waktu dalam pengamatan gerak.

Continue reading

MACAM-MACAM PESAWAT SEDERHANA

JENIS-JENIS PESAWAT SEDERHANA

Pesawat sederhana dikelompokkan menjadi empat jenis, yaitu tuas, bidang miring, katrol, dan roda berporos. Agar lebih memahami keempat jenis pesawat sederhana tersebut, berikut akan dijelaskan satu persatu.

  1. Tuas

Jika suatu saat kamu kesulitan menggeser bongkahan batu yang besar, maka kamu dapat menggunakan suatu alat bantu. Alat yang dapat membantu untuk menggeser batu yang besar adalah linggis. Linggis merupakan salah satu jenis tuas. Tuas lebih dikenal dengan nama pengungkit. Pada umumnya, tuas atau pengungkit menggunakan batang besi atau kayu yang digunakan untuk mengungkit suatu benda.

Continue reading

PENGERTIAN DAN KEUNTUNGAN PESAWAT SEDERHANA

PENGERTIAN PESAWAT SEDERHANA

Pernahkah anda menoton film 3 idiot? Jika belum pernah menontonnya silahkan anda menontonnya. Film ini bisa dijadikan inspirasi anda dalam belajar. Film ini mengisahkan perjalanan Rancho dan kawan-kawan dalam menempuh pendidikan di sebuah kampus. Film ini sungguh mendidik, kocak dan tentunya bisa membuat anda terharu. Dalam film tersebut dikisahkan tokoh utama yang bernama Rancho ditanya sama dosennya “Apa definisi mesin?” Rancho pun menjawab dengan entengnya bahwa mesin merupakan segala sesuatu yang memudahkan hidup manusia. Dia mencontohkan dengan sebuah resleting. Di mana resleting itu memudahkan manusia untuk membuka celana. Lalu sang dosen mengusir Rancho dari ruang kelas karena memberikan jawaban yang dianggapnya kurang benar dan kocak. Bagaimana menurut anda? Apakah jawaban Rancho itu benar atau salah? 

Continue reading

PENGERTIAN TRANSISTOR, FUNGSI TRANSISTOR, CARA KERJA TRANSISTOR

Pengertian Transistor

Transistor sebagai salah satu komponen elektronika adalah bahan yang terbuat dari alat semi konduktor, yang kebanyakan digunakan untuk menguatkan, memotong / switching, penyetabil tegangan, modulasi pada sinyal dan banyak kegunaan lainnya. Sebagai alat semikonduktor, transistor memiliki tiga buah elektroda / triode, yaitu emitor / pemancar; kolektor/ pengumpul; dan basis / dasar. Komponen ini memiliki banyak kegunaan lainnya. Salah satu diantaranya ialah dipakai untuk keran pada aliran listrik. Hal ini didasarkan pada FET / tegangan inputnya ataupun didasarkan pada BJT / arus inputnya, sehingga dapat terjadi aliran arus listrik yang begitu kuat dr sirkuit listrik bersumber. Tegangan hanya mempunyai satu buah terminal ialah emitor, yang penggunaannya bisa buat mengontrol tegangan serta arus yang lebih tinggi dari input basis-nya.

Continue reading

DINAMIKA PARTIKEL

DINAMIKA PARTIKEL

Dinamika partikel adalah cabang mekanika yang mempelajari gerak suatu partikel dengan meninjau penyebab geraknya. Gerak dari suatu partikel dipengaruhi oleh sifat-sifat dan susunan benda lain yang ada disekitarnya. Persoalan pengaruh lingkungan yang mempengaruhi gerak suatu partikel telah dipecahkan oleh Issac Newton (1642-1727) yang digambarkan dengan menggunakan hanya tiga hukum sederhana yang dinamakan dengan hukum Newton tentang gerak.

  1. Hukum I Newton

Hukum pertama Newton menyatakan bahwa sebuah benda dalam keadaan diam atau bergerak dengan kecepatan konstan akan tetap diam atau bergerak dengan kecepatan konstan kecuali ada gaya eksternal yang berpengaruh pada benda tersebut. Kecenderungan dari sifat benda seperti itu disebutkan bahwa benda mempunyai kelembaman, sehubungan dengan itu, hukum I Newton sering disebut hukum kelembaman/inersia. Hukum pertama Newton tidak membuat perbedaan antara benda yang diam dengan benda yang bergerak dengan kecepatan konstan, pertanyaan apakah suatu benda sedang diam atau bergerak denan kecepatan konstan bergantung pada kerangka dimana benda tersebut diamati. Hukum pertama Newton berlaku pada kerangka acuan yang inersial, yaitu kerangka acuan yang bergerak dengan kecepatan konstan atau diam.

Continue reading