Monthly Archives: Maret 2016

Operator dan Pernyataan Kondisi #Bahasa C

OPERATOR DAN PERNYATAAN KONDISI

(Laporan Praktikum Pemrograman Komputer)

Oleh

Siti Fatkhul Ulum

1417041083

 

 

LABORATORIUM FISIKA KOMUTASI

JURUSAN FISIKA

FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM

UNIVERSITAS LAMPUNG

2015

Continue reading

Pengertian, Jenis dan Penerapan Hukum Fluida Dinamis

Yuk… belajar lagi bareng Formula Fisika. Kali ini kita akan belajar tentang Fluida Dinamis.

FLUIDA DINAMIS

Hidrodinamika merupakan ilmu yang mempelajari tentang fluida bergerak. Sebelum mempelajari fluida bergerak perlu diketahui fluida ideal dan jenis-jenis aliran fluida.

  1. Fluida Ideal

Fluida ideal yaitu fluida yang tidak kompresibel, berpindah tanpa mengalami gesekan, dan aliranya stationer.

  1. Tidak kompresible, artinya bahwa dengan adanya perubahan tekanan volume fluida tidak berubah.
  2. Tidak mengalami gesekan (non viskositas), artinya bahwa saat fluida mengalir, gesekan antara fluida dengan dinding tempat mengalir dapat diabaikan.
  3. Aliran stationer (non turbulensi), artinya tiap partikel fluida mempunyai garis alir tertentu dan untuk luas penampang yang sama mempnyai laju aliran yang sama.

Continue reading

Pengertian Fluida Statis

FLUIDA STATIS

 

Pernahkan anda melihat suatu kapal yang sedang berlayar di lautan ? Ukuran kapal tersebuat sangat besar dan biasanya badan kapal tersebut terbuat dari besi. Dapat dipastikan bahwa massa kapal tersebut sangat besar. Namun, mengapa kapal tersebut tidak tenggelam di lautan ? Bagaimana jika bagian bawah kapal tersebut rusak ? Bagaimana cara memperbaikinya ? Semua peristiwa tersebut berhubungan dengan massa jenis, gaya apung, dan tekanan hidrostatis. Tekanan hidrostatis dipengaruhi oleh jenis fluida. Kali ini Formula Fisika akan membahas tentang fluida statis.

Fluida tidak mengalir biasa disebut fluida statis. Pada fluida tidak mengalir, seperti zat cair yang berada di dalam bejana yang tidak berlubang, terlihat secara langsung atau tidak langsing tentang tidak adanya perpindahan bagian-bagian zat itu.

Continue reading

Pemograman C Dasar

DASAR PEMROGRAMAN C

(Laporan Praktikum Pemrograman Komputer)

Oleh

Siti Fatkhul Ulum

1417041083

 

LABORATORIUM FISIKA KOMUTASI

JURUSAN FISIKA

FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM

UNIVERSITAS LAMPUNG

2015

Continue reading

Muatan Listrik, Gaya Listrik, dan Medan Listrik

MUATAN LISTRIK, GAYA LISTRIK, DAN MEDAN LISTRIK

A. MUATAN LISTRIK

Dari hasil eksperimen Millikan, diketahui bahwa muatan listrik hanya mungkin mempunyai harga bilangan bulat dikalikan suatu muatan elementer e. Selanjutnya ditemukan partikel dasar bermuatan –e yang disebut elektron. Penelitian selanjutnya mendapatkan bahwa: atom terdiri dari inti bermuatan positif yang dikelilingi oleh sejumlah elektron bermuatan negatif, sehingga muatan total atom sama dengan nol atau netral. Dalam bahan konduktor, sejumlah elektron dapat bergerak bebas, tidak terikat pada atom. Elektron semacam ini disebut elektron bebas. Dalam bahan isolator, elektron terikat kuat pada atom, tidak ada elektron bebas.

Continue reading

Definisi Zat dan Wujudnya (Materi Fisika SMP)

A. Zat dan Perubahan Wujudnya

Di sekeliling kita tentu banyak sekali benda, mulai dari Benda Padat, cair, bahkan ada Angin, benda yang tak terlihat, namun nyata… Pada pembahasan kali ini, Formula Fisika akan menulis tentang Zat dan Wujudnya. Di sini juga akan di bahas beberapa uji material dan reaksinya.

Udara dalam balon menempati ruang bagian dalam balon itu. Manusia juga menempati ruang, misalkan dalam lift hanya cukup ditempati paling banyak 8 orang dewasa, lebih dari itu ruang dalam lift tidak mencukupi lagi.

Benda atau zat juga memiliki massa, sebagai contoh batu bila ditimbang dengan neraca menunjukkan nilai massa tertentu. Balon berisi udara bila dibandingkan massanya dengan balon yang kempis, akan lebih berat balon berisi udara. Hal itu menunjukkan bahwa udara memiliki massa. Dapat disimpulkan bahwa zat adalah sesuatu yang memiliki massa dan menempati ruangan. Continue reading

Pengertian ATOM, ION, DAN MOLEKUL

Di SD kita masih belajar IPA secara terpadu, belum dibedakan antara Fisika, Kimia dan Biologi. Di SMP, mulai ada pembagian fokus materi yang diajarkan. Untuk Kajian Makhluk Hidup, Kita belajar IPA Biologi, Untuk Zat/Benda Mati kita Belajar Fisika. Kali ini Formula Fisika Akan membahas Materi Fisika SMP tentang Atom, Ion dan Molekul.

A. ATOM

  1. Perkembangan Teori Atom
  2. Leukippos dan Demokritos berpendapat :
  • Atom adalah bagian terkecil dari suat benda yang tidak dapat dibagi-bagi lagi. b. John Dalton :
  • Atom adalah bagian terkecil dari suatu zat
  • Atom-atom dari unsur yang sama memiliki sifat fisika dan sifat kimia yang sama, sedangkan atom-atom dari unsur yang berlainan memiliki sifat yang berlainan pula
  • Atom-atom dapat berikatan secara kimia membentuk sebuah molekul
  • Atom-atom dalam molekul memiliki perbandingan yang tetap
  1. J. Thompson
    • Atom merupakan suatu bola bermuatan positif dan pada tempat-tempat tertentu di dalam bola itu tersebar elektron yang bermuatan negatif

 

Elektron

 

Continue reading

Hukum Termodinamika

Hukum Termodinamika

TEMPERATUR DAN PERSAMAAN KEADAAN

Sistem, Keadaan Sistem, dan Koordinat Termodinamika

Sistem, adalah sesuatu yang menjadi pusat perhatian kita. Sistem termodinamika adalah suatu sistem yang keadaannya didiskripsikan oleh besaran-besaran termodinamika. Segala sesuatu di luar sistem (yang dapat mempengaruhi keadaan sistem) disebut lingkungan. Suaatu permukaan yang membatasi sistem dengan lingkungannya disebut permukaan batas, yang dapat berupa permukaan nyata (real surface) atau berupa permukaan khayal (imaginary surface). Permukaan batas dapat tetap atau berubah bentuknya.Berdasarkan interaksinya dengan lingkungan, sistem dibedakan menjadi tiga macam, yaitu sistem terisolasi, sistem tertutup, dan sistem terbuka. Sistem terisolasi adalah suatu sistem yang keadaannya tidak dapat dipengaruhi oleh lingkungannya. Sistem tertutup adalah suatu sistem yang tidak terjadi perpindahan materi dari sistem ke lingkungannya atau sebaliknya, tetapi dapat terjadi pertukaran (interaksi) energi antara sistem dengan lingkungannya. Sistem terbuka adalah suatu sistem yang dapat terjadi perpindahan materi dan/atau energi antara sistem dan lingkungannya.

untuk Materi Lebih Lengkap Tentang Teori Termodinamika, Silahkan Download Di Sini

Teori Relativitas

Teori Relativitas

Teori Relativitas Einstein

 

Teori relativitas Albert Einstein adalah sebutan untuk kumpulan dua teori fisika: “relativitas umum” dan “relativitas khusus”. Kedua teori ini diciptakan untuk menjelaskan bahwa gelombang elektromagnetik tidak sesuai dengan teori gerakan Newton.

Gelombang elektromagnetik dibuktikan bergerak pada kecepatan yang konstan, tanpa dipengaruhi gerakan sang pengamat. Inti pemikiran dari kedua teori ini adalah bahwa dua pengamat yang bergerak relatif terhadap masing-masing akan mendapatkan waktu dan interval ruang yang berbeda untuk kejadian yang sama, namun isi hukum fisika akan terlihat sama oleh keduanya.

Relativitas khusus

Tulisan Einstein tahun 1905, “Tentang Elektrodinamika Benda Bergerak”, memperkenalkan teori relativitas khusus. Continue reading

Sistem Tatasurya

Salah satu tanda kebesaran Allah SWT. adalah adanya sistem tata surya yang tersusun begitu indah dan stabil. Luas tata surya yang belum mampu kita jelajahi, paling tidak kita belajar memahami apa saja yang menjadi unsur pembentukan tata surya, dan bagaimana sistem tatasurya ini tersusun.
Tata Surya terdiri dari Matahari, sembilan planet, dan berbagai benda-benda langit seperti satelit, komet, dan asteroida. Planet-planet berevolusi mengelilingi Matahari dengan orbit (garis edar) yang berbentuk elips. Beberapa planet mempunyai satelit. Satelit itu berputar mengelilingi planet dan bersama dengan planet lainnya mengelilingi Matahari. Jadi, tata surya merupakan sistem rotasi yang berpusat pada Matahari.
1. Matahari
Matahari merupakan objek terbesar tata surya. Ukurannya lebih dari 99,8% dari seluruh massa anggota tata surya. Matahari disebut bintang. Matahari beserta bintang lainnya tergabung dalam sebuah galaksi. (Bintang terdekat dengan bumi) Bintang adalah benda langit yang dapat memancarkan cahaya sendiri dan bintang yang paling dekat dengan Bumi yaitu Matahari. Kumpulan bintang Continue reading